Sunday, February 19, 2012

Tinta-tinta cinta

3:46 AM 0 Comments
Kertas putih yang kosong....
hampa tanpa kata,
tak ada setitik pun tinta yang menjadikannya bermakna lebih...

lalu kau datang,
membagi sedikit demi sedikit,
setitik demi setitik tinta-tinta kehidupan yang kau miliki padaku,
yang perlahan melengkapi setiap kisah-kisah kehidupanku yang terhampar begitu saja....

pelan-pelan,
perlahan tapi pasti 
kertas yang kosong itu mulai terisi, 
dengan yang sering kita bilang "Cerita Kehidupan"
mulai terisi juga dengan "tawa canda tanpa henti"
lalu bertambah dengan "kebersamaan"
ya,  menyaksikan pertemuan-pertemuan indah yang bergulir begitu saja,
seperti hal nya kembang api yang indah ketika merekah bersama dilangit malam,
dan entah kenapa mulai juga terisi dengan "rindu" 
yang menebarkan aroma vodka memabukkan...

tanpa kita ketahui,
ya kita...aku juga kau....

entah mungkin terlalu sibuk menikmati permainan tinta-tinta itu,
kita seolah membisu membiarkan tangan ini terus merangkai titik-titik itu mebentuk suatu tulisan,
menyatu menjadi satu dengan rasa yang teramat sangat indah,
rasa yang dititipkan Allah....

kembali yakin untuk mencinta,
ya kau hebat !

ah, sudahlah.....

biarkan saja kertas putih itu penuh dengan tinta-tinta yang menyatu dengan indah,
membentuk rangkaian titik-titik merah jambu, 
lalu bersama kita menikmati prosesnya yang mempertemukan hati kita di ruang hampa....

Tinta-tinta cinta yang terinspirasi dari jemarimu yang selalu warna-warni karenanya...


Salam berceloteh jemari

Herzlich Willkommen liebe

3:24 AM 0 Comments
Terkadang,
aku masih saja berdebat dengan diriku sendiri,
bertanya-tanya, mereka-reka, berusaha meyakinkan,
"apa kah aku bermimpi ?"
sambil mereka-reka lagi di ruang imajinasiku tentang kau lelakiku....

Baiklah,
aku akui setelah move on 
aku tak mendapatkan lagi serpihan hati yang sudah remuk redam itu,
hanya ada ketenangan,
juga yang tak di sangka-sangka....

Kali ini lagi-lagi,
akan aku tebarkan tentang cerita cintaku,
akan aku ceritakan  juga tentang lelakiku,
bagian-bagian dari sedikit percakapan di ruang imajinasiku,
dan banyak hal lain....

Betapa bersyukurnya aku,
Titik-titik merah jambu itu sekarang penuh,
membentuk ungkapan merah jambu,
yang selalu aku bilang "Apel" padamu,

Selamat datang cinta,
terima kasih untuk seluruh cinta yang kau yakini padaku,
biarlah perasaan yang di titipkan ini mengindahkan titik-titik merah jambunya...

für dich mein lieber
Herzlich Willkommen liebe :)



Salam berceloteh jemari.... 

Saturday, February 18, 2012

Gadis kecil jumat siang

10:55 PM 0 Comments
Entah siapa namanya,
tapi yang pasti gadis kecil yang polos ini,
berhasil buat aku kehilangan kata sejenak....

Jum`at siang ini aku sama mami mampir ke salah satu cafe di ruko kecil sekitaran podomoro,
gara-gara pengen makan ice cream,
ulala jum`at siang nyantai sambil nikmatin ice cream.... seeeeedap !

sambil sibuk nikmatin ice cream cokelat,
tiba-tiba ada anak kecil perempuan berdiri di belakang aku,
pas aku noleh ke belakang nih anak senyum-senyum rada malu-malu,
aku balas senyum ramah aja sama dia,
eh tiba-tiba dia ngedekat ke aku,
bediri kira-kira di samping aku lah,
abis itu sempat beberapa kali dia di ajak ngobrol sama kakak yang jagain nih toko,
tapi beneran deh nih anak kecil bikin bingung banget...

beberapa menit kemudian dia ngedekat lagi ke aku sama mami,
ya udah aku sama mami ngajka dia ngobrol,
nanyain nama nya siapa,
terutama mami nanyain dia mama nya kemana,
kata dia sih mama nya ada dekat sini juga,
yang jualan bakso, air, sama kue,
itu jawabnya dengan polos....
aku juga nanyain ke dia udah sekolah belom,
belom dia bilang masih 5 tahun,
hahahhaa perasaan aku 5 tahun harusnya udah sekolah loh, 
aku cuman gumam dalah hati aja sih,
pas aku lagi makan cemilan, aku tawarin ke dia
"adek mau nggak," awal nya nih anak cuman meratiin doang
tawarin lagi, abis itu aku bilang "tapi pedes loh",
si anak kecil ini jawab "endka ah, kalau pedas...ndk ada minumnya"
hening sejenak

dikarenakan makanan udah selesai, 
eh minum maksudnya,
jadi kita mau pulang deh, 
sebelum beranjak dari tempat duduk, mami nyiapin uang nya untuk bayar minum sama cemilan nya,
terus ngasi uang 2ooo rupiah ke adek ini,
"nih buat adek," 
tiba-tiba si adek rada kaget terus bilang "buat parkir ?"
dengan muka polosnya
"enggak ini buat adek, buat beli kue" timpal aku ke adek kecil ini nih
"hah, buat parkir jak lah ya" kata si adke lagi,
rada sebel juga sih awalnya,
"emmm, bukan itu buat....... adek,"
sambil rada terbata, aku kaget ngeliat nih adek kecil,
dengan semangatnya sambil senyum-senyum ke aku ngelapin motor aku yang di parkir,
dia lincah banget ngelapin tempat duduk aku yang panas kena sinar matahari dengan lap merah nya,

aku spechless !

"iya udah adek, makasih ya" kata aku sama si adek sambil masih ngerasa kaget,
si adek cuman senyum-senyum doang
terus selesai ngelapin motor aku,
dia pergi,
jalan di tepian jalan raya, sambil berkali-kali ngeliat ke arah aku smaa mami dengan wajah polosnya...

sampai aku buat tulisan ini,
dan nyeritain apa yang kalian bisa baca sekarang,
aku masih rada kaget aja sama kejadian tadi siang,
tuh anak masih polos banget,
anak cewek dengan kulit putih,
rambutnya rada kecoklatan terurai berantakkan,
berkesan banget deh waktu dia ngerespon sampai dua kali,
dengan ngeyakinkan aku sama mami 
kalau uang yang mami kasi ke dia itu adalah UANG PARKIR 

tapi,
tenang aja 
kalian jangan berfikiran kalau yang markirin motor aku itu dia,
mama nya yang markirkan,
abis itu mama nya pergi,
dan dia yang gantiin mamanya,
buat tugas terakhir,
ngelapin motonya dan ngambil uang parkir....

yang bisa di pelajarin dari kisah kecil tadi,
yang aku temuin siang ini,

"Lakukanlah apa yang di amanahkan seseorang kepadamu sebaik mungkin"

dan satu hal lagi,

"Perintahkan lah yang baik-baik untuk anak kecil, karena mereka MASIH POLOS "


haaaah, benar-benar jum`at yang bermakna,
sampai ketemu lagi adek kecil,
love my friday....

Salam berceloteh jemari

Thursday, February 16, 2012

Jilbabkanlah Auratmu dahulu, bukan hati !

2:53 AM 0 Comments
Mulai dari sini,
ya walaupun cumna sedikit tapi,
aku berharap besar kutipan dari buku "Ketika Mas Gagagh Pergi dan Kembali" 



karya Mbak Helvy Tiana Rosa dan Mbak Asma Nadia ini bisa sangat bermanfaat buat aku, 
kamu dan kita semua para kaum hawa,
yang udah berjilbab dan juga belum....

"Assalamualaikum, saya Gita, masih SMA. Mau nanya nih, gimana sih hukumnya jilbab ? Kan sunnah ya ?"
terus si gita nyambung lagi pertanyaannya :
"Kayak saya nih.. saya mau pakai jilbab, tapi ya ntar, nunggu udah nikah, udah tua atau pensiun.
Lagian penting kan kita bisa jilbabin hati, ya gak ? Buat apa pakai jilbab kalau nggak bisa jilbabin hati.
Mendingan nggak dong!"

(beberapa hal di atas pernah aku alammin sendiri kawan kalau ngajakin teman-teman pakai jilbab... jawaban yang sama persis)

pertanyaannya ditanggapai oleh mbak Nadia Hayuningtyas yang mendapat hidayah berjilbab saat pulang dari kuliah di Amerika,
"Sahabat sekalian, sebagai seorang muslimah, sedikitnya saya punya 8 alasan mengapa saya  memakai jilbab"

"Mengapa saya mengenakan jilbab ?. 

Alasan Pertama karena berjilbab dalam perintah Allah dalam surat Al Ahzab ayat 59 dan An Nur ayat 31.

Kedua, karena jilbab merupakan identitas utama untuk dikenali sebagai seorang muslimah. 

alasan Ketiga saya mengenakan jilbab, karena dengan berjilbab saya merasa lebih aman dari gangguan.
Dengan berjilbab, orang akan menyapa saya dengan "Assalamualaikum", atau memanggil saya "Bu Haji" yang juga merupakan doa.
jadi selain aman, bonusnya adalah mendapatkan doa. hal ini akan berbeda bila muslimah tapi mengenakan pakaian "You Can See everything."

Keempat, dengan berjilbab, seorang muslimah akan merasa lebih mmerdeka dalam artian yang sebenarnya. Perempuan yang memakai rok mini
di dalam angkot misalnya akan resah menutupi bagian-bagian tertentu tubuhnya dengan tas.(tambahan mbak, kalau di motor ditutupin pakai jilbab malah kacau ! )
nah, kalau saya naik angkot dengan berbusana muslimah saya bisa duduk seenaknya saya. Ayo lebih merdeka mana ?

alasan Kelima, dengan berjilbab, seorang muslimah tidak dinilai dari ukuran fisiknya. kita tidak akan dilihat dari kurus,gemuknya kita.
tidak dilihat bagaimana hidung atau betis kita...
melainkan dari kecerdasan, karya dan kebaikan hati kita".

Keenam, dengan berjilbab kontrol ada di tangan perempuan, bukan lelaki. 
perempuan itu yang berhak menentukan pria mana yang berhak atau tidak berhak melihatnya.

Ketujuh, dengan berjilbab pada dasarnya wanita telah melakukan seleksi terhadap calon suaminya.
orang yang tidak memiliki dasar agama yang kuat, akan enggan untuk melamar gadis berjilbab, bukan ?

terakhir, Kedelapan. berjilbab tak pernah menghalangi muslimah untuk maju dalam kebaikan.
Oh iya, berjilbab memang bukanlah satu-satunya indikator ketakwaan, namun berjilbab merupakan realisasi dari keimanan seorang muslimah.
jadi lakukanlah semampunya. tak perlu ada pernyataan-pernyataan negatif seperti " Kalau aku hati dulu yang dijilbabin ". 
Hati kan urusan Allah, tugas kita beramal saja dengan ikhlas."

"Nah, sebagian dari ummat yang besar ini, masalah jilbab bukanlah masalah yang harus membuat kita bertengkar.
Pakailah denagn kesadaran dan jangan mengejek atau memaksa muslimah yang belum memakainya,
malah kita harus mernagkul mereka. Tunjukkan dengan akhlak kita yang indah sebagai muslimah."


Subhanallah....
makasih buat mbak Dwi Hardianti yang udah mau minjemin aku buku ini,
makasih juga buat penulisnya Mbak Helvy Tiana Rosa dan Mbak Asma Nadia
alhamdulillah ceritanya kena banget kehati,
dan aku rasa ini benar-benar alasan untuk berjilbab,
jawaban yang tepat untuk teman-teman yang kadang suka banget jawab,
"jibabin hati dulu" "jilbab nya ntar aja tunggu udah nikah" dan blaa....bla...bla....
semoga Allah memberi mereka hidayah, amin....

Mungkin memang,
jujur aku akui,
aku belum seratus persen menjadi muslimah yang sangat baik,
tapi sungguh dengan jilbab,
itu mengingatkan saya di segala hal,
memotivasi, menyemangati, dan enggak membatasi,
tetap beauty, fashion, and do the best !



Semoga Allah akan selalu menyentuh hati kita dengan cintanya,
amin....

Salam berceloteh jemari....

Sahabat Kecilku

2:48 AM 1 Comments
"Tuhanku,
Allah SWT,
Sang Maha Pencipta,
aku yakin kau tak pernah gagal,
adik-adik ini juga bukan produk gagal yang kau izinkan menghirup nafas di bumi,
semoga kesempatan yang sama akan selalu terbuka luas untuk mereka,
secerca harapan manis untuk adik-adik yang tak sempurna secara fisik dan mental....."

Beberapa hari ini,
acara di televisi membuat aku teringat dengan adik-adik di salah satu panti asuhan
tepatnya sekitar 2 tahun yang lalu
aku dan teman-teman mengunjunginya
itu pun karena ada tugas dari sekolah

kami memilih mengangkat tema tentang anak-anak berkebutuhan khusus
di salah satu panti asuhan yang tak terlalu jauh dari SMA kami

kebetulan bos papi aku
salah satu penyumbang di panti asuhan ini

sebenarnya, 
aku lupa nama panti asuhan ini
tapi adik-adik di sana enggak pernah buat aku lupa

awalnya dateng ke sana
sempat ragu juga 
tapi ya udah demi tugas 

waktu kami dateng 
mereka masih tidur siang
masih jam istirahat suster bilang
ya udah selesaikan tugas dulu deh
tanya-tanya sama susternya
nama nya suster Paulina
yang dulunya juga tinggal di panti asuhan ini

lama ngobrol-ngobrol sama suster
akhirnya waktu adik-adik bangun tiba,
waaah seneng banget deh,
yang di tunggu-tunggu pada bangun semuanya

dari jam pulang sekolah 
sekitar jam setengah 2 siang sampai jam 5 sore kami ada di panti asuhan ini
selain karena tugas
juga karena adik-adik di sini



















kenalan sama mereka
ngobrol
main
becanda
haaah banyak hal deh yang nyenengin 

walaupun semua itu butuh proses

karena mereka enggak mudah untuk mengenal orang baru
perlu waktu
perlu pengulangan-pengulangan
butuh juga kesabaran 
keikhlasan serta hati yang indah mengenali mereka 

benar-benar pengalaman yang indah banget

waktu bisa kenal dengan masing-masing dari mereka
berlama-lama dengan mereka juga jadi hal yang unfergetable moment
nyuapin kue ke mereka







dengerin ocehan mereka
atau sekedar menikmati bahasa-bahasa spesial mereka yang tak kami mengerti
bahakan juga melihat gerak-gerik dari dua bola mata mereka yang penuh harapan menjadi cukup bagi kami
untuk tau mereka sangat senang hari itu dikunjungi

aku akui
dari dulu aku selalu ngerasa aneh dengan keindahan spesial yang mereka miliki,
ada suatu ketakutan yang tak bisa aku ungkap
tapi perlahan
ketika aku memberanikan diri mengenal
belajar untuk juga ikut memahami
aku bisa mengerti
betapa mereka akan tetap sama indahnya dengan spesialnya mereka 



tugas yang bukan sekedar tugas
tapi mengajarkan juga ke setiap individu kami
untuk selalu bersyukur karena Allah masih teramat sangat baik dengan kami
serta kami tak boleh egois melupakan mereka 
kami juga harus memberi kesempatan yang sama dengan mereka
bukan hanya kami
tapi juga kau
jadi kita semua !

"Mereka bukan untuk di kucilkan, dibedakan, dihina
tapi juga untuk di sayangi dan dikasihi,
sama seperti kalian....."
-pesan suster Paulina 

semoga kalian selalu dilindungi, dikasihi, dan disayangi
kangen dengan kalian adik-adik manis,
semoga kalian selalu baik-baik saja....

makasih juga untuk Bu Aryani karena udah ngasi kami tugas ini,
makasih buat teman-teman kelompokku Aulia, Aisyah, Dwi, Desi, Karolina, Syamsul, Wanda, dan Wid...

Salam berceloteh jemari.....

Friday, February 10, 2012

Jadi, Move on lah !

11:21 PM 0 Comments
Keberanian untuk move on !

aku mungkin bisa berlama-lama untuk mengenang cinta
untuk mencintai proses-proses yang terlewati
untuk menebar khayalan lagi tentang memory kebersamaan di ruang imajinasiku

aku bisa setia 
setia untuk berlama-lama masih menjaga hati
walau akhirnya tak ada yang jadi nyata....

kesetiaan menjaga masih dalam takaran yang sama tapi sayangnya berat sebelah

itulah yang membuat aku berani untuk MOVE ON !

setengah hati adalah hal yang tidak aku sukai,
lebih baik ya dengan maksimal atau tidak sama sekali dan pergi

baiklah,

keputusan untuk tak semakin lama nelangsa 
membawa aku kepada titian-titian move on
keberanian tanpa batas untuk tidak semakin membuat kehancuran pada hati sendiri
membebaskan hati sebebas-bebasnya
lalu membuka peluang seindah-indahnya untuk kecintaan baru yang lebih baik

setelahnya ini
barulah aku ketahui
bahwa move on itu bukan lah suatu pilihan yang SALAH
karena cinta akan terobati juga dengan cinta
bukan pada nelangsa 
bukan pada cinta imajinasi
bukan juga pada cinta yang berat sebelah
itu akan tak indah

bukankah cinta adalah keindahan dua hati yang menyatu dan menjadi indah sepanjang waktu

baiklah aku akan move on,

move on itu
megajarkan untuk berani jujur pada hati yang lelah
juga untuk menghargai perasaan yang merindukan balasan yang setimpal

bersiap untuk melesat menuju keindahan cinta yang baru

aku membuka hati seindah-indahnya untuk kau 
kau cinta yang indah 
yang "takkan berat sebelah"
itu keyakinan yang aku selipkan dalam setiap doa saat sujud pada-Nya

sungguh,
aku menikmati semua proses yang kau tebarkan dengan indah
mensyukuri ketulusan yang takkan ternilai dengan apapun 
yaaaa,
semoga juga icon yang kau semai itu akan selalu benar nyata adanya
menjemput aku dengan semua yang baru
cinta butuh hati yang besar bukan,
yakini aku kalau kita memang akan kesana,
ayo,
segeralah kita bentuk mimpi di hati yang baru....

ketika  takut untuk move on
maka berdiam dirilah
biarkan kata hati yang berganti
jadi dengarkanlah....

untuk kau yang takkan rela dicintai dengan setengah hati....

cinta adalah indah ketika sama....



salam berceloteh jemari....

Thursday, February 9, 2012

Tau ah, GALAU !

12:14 AM 0 Comments
Mereka bilang kalau 2012 itu enggak ada lagi yang namanya GALAU,
udah enggak jamannya lagi katanya,
tapi, aahhh masa` sih !

kayaknya buat aku enggak deh,

dalam waktu-waktu belakangan ini, aku benar-benar ngerasain kegalaun yang teramat sangat,
setiap hari kepikiran,
setiap hari bimbang,
setiap hari juga bisa berubah-ubah,
haaaah jadi menggalau banget mikirin KULIAH....

please, jangan mikir macam-macam !

jangan kira nih bakal ngebahas tentang kegalauan aku masalah CINTA,
tapi ini masalah CITA, 
yaa CITA-CITA !

karena kuliah aku di pending,
jadi tahun 2012 ini aku daftar kuliah lagi,
bakal sibuk tes lagi,
tapi untuk tahun ini....aku,
sangat berharap bisa lolos,
amin, pasti lolos! 
pasti bisa !
biar cepet kelar juga, cepet pakai toga...hehee
amin.....

nah, kalau lo juga ikut-ikutan galau,
bertanya-tanya kenapa sebenarnya dengan aku,
apa sih yang galau kan, 

jeeeeeeeng jeeeeeeeeeeeng, inilah jawabannya kawan,

aku galau tentang jurusan apa yang harus aku ambil,
karena dari awalnya dulu,
dari jaman masih pakai putih abu-abu,
aku itu,
maunya ambil jurusan ilmu komunikasi,
haaah, benar-benar tergila-gila sama Public Relation
terutama di London School of Public Relation sama di Universitas Gajahmada
tapi karena adanya di luar Kota Pontianak tuh universitas,
dan aku enggak dibolehin kuliah di luar kota pontianak,
belum lagi pertimbangan biaya,
aduuuuh...
pokoknya semuanya pupus deh,
dan aku membiarkan semua keinginan itu tertutup rapat dengan rapih...

alasan pengen banget bisa kuliah komunikasi,
karena aku yakin sama kemampuan komunikasi aku,
apalagi di tambah aku yang kerja di broadcast gini,
kedua alasannyaitu,
karena aku pengen banget punya sekolah atitude : "Atitude and Communication School"
oh Ya Allah, 
itu bener-bener mimpi aku banget dari SMA,
karena dulu waktu dapet pelajaran tentang itu waktu aku SD,
pas ikutan Kelly Modeling School,
pas udah gede nya di SMA dapat tentang Atitude Dinner di Paskibraka,
tapi, walaupun enggak bisa kuliah di jurusan itu,
aku yakin banget mimpi ini bakal terwujud,
suatu saat aku pasti punya sekolah atitude dan komunikasi !!!
Amin 

weeeees, balik lagi tentang kegalauan aku,

sebenarnya menunda untuk kuliah itu,
bukan satu pilihan yang baik,
tapi bukan juga pilihan yang salah....

sekarang  setiap harinya,
di setiap waktu yang aku lewatin,
aku berusaha untuk memantabkan tentang apa yang akan aku pilih,
cari info, pendapat, saran, dan pasti ikhtiar sama Yang Maha Mengetahui...

aku bakal coba jurusan yang diimpikan sama oma aku,
pilihan berikutnya aku cobain kans aku di jurusan yang sedang aku gelutin ini,
walau kadang orang rada mencemooh "mau jadi apa kamu sama tittle itu" 
ya jadi orang suskes dong !
hahahha
udah doan aja daripada nge-judge !

well, 
apapun yang terjadi,
aku siap perang ngadepin perkuliahan,
harus tahun ini,
tidak ada lagi waktu menunggu,
menunggu dan menunggu,
haaah bismillah,
semoga kegalauan hati itu juga sirna secepatnya,
amin...

doain aku ya,
lulus di univ negeri terbaik di Kota Pontianak ini,
dan bisa makai almamater biru tua impian aku itu !
amin ya Allah....





"Pendidikan juga tittle itu menjadi hal penting di negaraku,
karena itu bisa membuat kualitas diri seseorang lebih dipandang banyak mata"
-nyiayuolivianurulhillary


salam berceloteh jemari....

Thursday, February 2, 2012

Februari (bulancinta)

4:03 AM 2 Comments
Januari yang usai,
tanpa terasa waktu itu bergulir dengan cepat....

Meninggalkan sisa-sisa serpihan akhir bulan 
dan terpaksa terpanggil pada lembaran baru di awal bulan,

Ya,
februari sudah akan kita jalani,
telusuri,
semoga tak tertatih...

Orang bilang ini bulan cinta, bulan kasih sayang,
karena 14 februaru itu valentine,
tapi bagiku,
biasa saja....
karena aku tidak merayakan,
dan juga yang pasti hari kasih sayang itu adalah setiap hari menurutku,
setiap hari harus punya cinta,
setiap hari harus berbagi cinta....

Apapun latar belakang banyak orang indonesia juga ikut membudayakan budaya barat itu,
aku tetap menghormati saja,
mensyukuri dan ikut berbahagia tanpa melawan arus,
karena aku tau setiap kita punya pilihan masing-masing tentang sesuatu...

Termasuk tentang,
menjadikan februari itu, tepatnya di 14 itu, 
sebagai hari kasih sayang....

Haah, betapa sangat cepat kau datang Februari,
Februari (bulan cinta)

Betapa banyak cerita cinta,
warna pink,
boneka beruang kecil warna pink memegang hati (bentuk LOVE),
juga coklat,
dan tak lupa selipan kata-kata cinta....

Februari akan sama dengan bulan lain buatku,
akan tetap penuh CINTA....

#titip pesan untuk Dia februari, Apel Merahku,
bilang padanya titik-titik merah jambuku  menuggu di batas senja sebelum malam...