Saturday, February 18, 2012

Gadis kecil jumat siang

Entah siapa namanya,
tapi yang pasti gadis kecil yang polos ini,
berhasil buat aku kehilangan kata sejenak....

Jum`at siang ini aku sama mami mampir ke salah satu cafe di ruko kecil sekitaran podomoro,
gara-gara pengen makan ice cream,
ulala jum`at siang nyantai sambil nikmatin ice cream.... seeeeedap !

sambil sibuk nikmatin ice cream cokelat,
tiba-tiba ada anak kecil perempuan berdiri di belakang aku,
pas aku noleh ke belakang nih anak senyum-senyum rada malu-malu,
aku balas senyum ramah aja sama dia,
eh tiba-tiba dia ngedekat ke aku,
bediri kira-kira di samping aku lah,
abis itu sempat beberapa kali dia di ajak ngobrol sama kakak yang jagain nih toko,
tapi beneran deh nih anak kecil bikin bingung banget...

beberapa menit kemudian dia ngedekat lagi ke aku sama mami,
ya udah aku sama mami ngajka dia ngobrol,
nanyain nama nya siapa,
terutama mami nanyain dia mama nya kemana,
kata dia sih mama nya ada dekat sini juga,
yang jualan bakso, air, sama kue,
itu jawabnya dengan polos....
aku juga nanyain ke dia udah sekolah belom,
belom dia bilang masih 5 tahun,
hahahhaa perasaan aku 5 tahun harusnya udah sekolah loh, 
aku cuman gumam dalah hati aja sih,
pas aku lagi makan cemilan, aku tawarin ke dia
"adek mau nggak," awal nya nih anak cuman meratiin doang
tawarin lagi, abis itu aku bilang "tapi pedes loh",
si anak kecil ini jawab "endka ah, kalau pedas...ndk ada minumnya"
hening sejenak

dikarenakan makanan udah selesai, 
eh minum maksudnya,
jadi kita mau pulang deh, 
sebelum beranjak dari tempat duduk, mami nyiapin uang nya untuk bayar minum sama cemilan nya,
terus ngasi uang 2ooo rupiah ke adek ini,
"nih buat adek," 
tiba-tiba si adek rada kaget terus bilang "buat parkir ?"
dengan muka polosnya
"enggak ini buat adek, buat beli kue" timpal aku ke adek kecil ini nih
"hah, buat parkir jak lah ya" kata si adke lagi,
rada sebel juga sih awalnya,
"emmm, bukan itu buat....... adek,"
sambil rada terbata, aku kaget ngeliat nih adek kecil,
dengan semangatnya sambil senyum-senyum ke aku ngelapin motor aku yang di parkir,
dia lincah banget ngelapin tempat duduk aku yang panas kena sinar matahari dengan lap merah nya,

aku spechless !

"iya udah adek, makasih ya" kata aku sama si adek sambil masih ngerasa kaget,
si adek cuman senyum-senyum doang
terus selesai ngelapin motor aku,
dia pergi,
jalan di tepian jalan raya, sambil berkali-kali ngeliat ke arah aku smaa mami dengan wajah polosnya...

sampai aku buat tulisan ini,
dan nyeritain apa yang kalian bisa baca sekarang,
aku masih rada kaget aja sama kejadian tadi siang,
tuh anak masih polos banget,
anak cewek dengan kulit putih,
rambutnya rada kecoklatan terurai berantakkan,
berkesan banget deh waktu dia ngerespon sampai dua kali,
dengan ngeyakinkan aku sama mami 
kalau uang yang mami kasi ke dia itu adalah UANG PARKIR 

tapi,
tenang aja 
kalian jangan berfikiran kalau yang markirin motor aku itu dia,
mama nya yang markirkan,
abis itu mama nya pergi,
dan dia yang gantiin mamanya,
buat tugas terakhir,
ngelapin motonya dan ngambil uang parkir....

yang bisa di pelajarin dari kisah kecil tadi,
yang aku temuin siang ini,

"Lakukanlah apa yang di amanahkan seseorang kepadamu sebaik mungkin"

dan satu hal lagi,

"Perintahkan lah yang baik-baik untuk anak kecil, karena mereka MASIH POLOS "


haaaah, benar-benar jum`at yang bermakna,
sampai ketemu lagi adek kecil,
love my friday....

Salam berceloteh jemari

No comments:

Post a Comment