Wednesday, May 29, 2013

Youth action 1Book 1000SMILES with 8 Comunity in Pontianak City

Hellooooo morning....
*narik nafas panjang-panjang

Finally, MEI pun sebentar lagi bakal cuuuusss dan siap-siap ngucapin selamat datang sama si JUNI,
cepet banget ya udah keganti tuh bulan. But, yang pasti di bulan ini kita masing-masing punya satu hal yang unforgetable banget. kalau kamu enggak punya, nah aku kebetulan punya nih.

Let`s go.... mari kita bongkar apakah cerita itu....

Tanggal 26 MEI 2013,

Kalau kau lupa bersyukur maka merugilah engkau, semoga setelah ini kita semua akan selalu bersyukur kepada Sang Pencipta.

Pagi ini mendung,
terasa sejuk di pagi hari nya dan rasa khawatir juga merebak ke jiwa takut akan kegiatan yang bisa jadi batal kalau hujan nya tak berhenti. tapi syukur lah tepat jam 9 pagi hujan sudah mulai redah.

Aku bersiap lalu tepat jam 10 pagi pergi dari rumah menuju paris 2, kita semua berkumpul di Excellence English studio, ya kita semua. ada 8 Komunitas yang ikut dalam aksi kegiatan YOUTH ACTION 1BOOK 1000SMILES at Pondok Pesantren Hidayatul Muslimin Jln Parit Sambin Kab. Kubu Raya. aku dan teman-teman KOTAKU juga ikut andil dalam kegiatan ini, makasih banyak ya Mr. Riography yang udah ngajakin.



Akhirnya udah ngumpul dan brefing kita mulai perjalanan, memang sih enggak jau kalau dari Ayani 2 Jalan parit sambin itu sebrang nya Graha Equator tapi menuju ke Pesantren nya ini yang jadi tantangan, dan petualangan pun di m u l a i. 

Karena enggak di izinkan bawa motor sendiri akhirnya aku nebeng dengan Bang Rio (Runner Up II DLH Kota Pontianak), dan memang baru kenal hari itu juga. walah ya wes, pokoknya hiduuuuup nebeng!!! hahaha
kita pun OTW, bismillah.

Karena hujan turun di pagi hari, jadi mau nggak mau kita ngelewati jalan yang becek dan licin, dan setelah beberapa ratus meter jalan dengan gagah nya motor bang Rio, Bruuuuuk!!!!
kita jatoh.
Karena enggak seimbang, kita berdua jatoh ke kanan, dan kebetulan aku salah kostum jadi duduk nya mereng terpaksa deh merelakan kaki kena ban yang berlumpur, bang rio nya agak tertimpa motor tapi UNTUNG laaaaah kita fine-fine aja walaupun muka langsung merah seketika. makasiiiiiiiiihhhhh banyak2 untuk yang bantuin. aku langsung ke pinggir, minjam ember untuk ciduk air sungai punya warga sambil bersihkan kaki. pas mau naik lagi ke motor, kak Prita dan bang Agung lewat, mereka berhenti bentar kak Prita khawatir juga kirain kenapa gitu kan, eh kata bang Agung nya gini "enggak apa liv, ini nih perjuangan jadi Duta Lingkungan!" *diam sejenak dan naik motor lagi*

But, enggak langsung mutar balik pulang dong yaaaa....

LANJUUUUUUT perjalanan.

dan di tengah perjalanan lagi sempat ada hambatan di lagi, karena memang medan perjalanan nya sangat menantang. karena bang Rio udah mulai ribet lagi mau bawa motor nya, akhirnya aku jalan kaki. trauma juga iya sih sebenarnya, takut jatoh lagi. eh syukurlah di belakang kami ada temen2 dari KEY (Khatulistiwa English Comunity) salah satu dari mereka (berdua) yang bawain motornya bang Rio (Eh cerita punya cerita nih abang2 udah biasa dengan medan yang kayak gini, jalan licin dan naik turun..beeeh pantes jago banget!!1 SALUT).

Perjalanan kaki pun di mulai, sambil menikmati keadaan sekitar yang sangat-sangat luar biasa asri nya...hehee 
cuman ada beberapa rumah warga, satu surau dan makin ke dalam ke ujung jalan makin tidak ada rumah warga, hanya ada kebun aja.

and taaaaraaaaaaaaaaaammmmmm 

Nyampai juga di Ponpes :D
yiiiipppppiiiii
girang bukan main dengan bang Rio, hahaa alhamdulillah....

Kita rehat bentar, 
ada yang ngobrol, minum es lilin yang di beli di kantin, ada yang kaget karena tiba-tiba beberapa motor jatoh, ada yang selonjoran di musholla putri, ada juga yang taduhan di bawah pohon sambil cerita hebooooooooh (itulah kami, hehehe ada Bg agung, kak prita, aku, bg rio dan bg septian KEY*nyasar nih abang2*).

Sambil prepare, ada acara pembukaan dan nungguin waktu nya kita share kita sok sibuk buat2 Paper Quiling, kenapa buat itu karena mereka makai kertas untuk main ranking 1 jadi sayang dong kertas nya, nah makanya kita manfaat kan.

Ternyata habis ashar baru giliran kami dari KOTAKU share ke mereka sedikit tentang Lingkungan Hidup, ya walaupun sedikit semoga bermanfaat yaaa :D heheee

Senang nya mereka sangat antusias sekali,
itu sudah teramat sangat cukup membayar petualangan di perjalanan tadi...

Acara pun kelar dengan sukses, beberapa teman2 yang menyelesaikan perpus mereka juga sudah rampung, akhirnya kita tutup acara nya dengan beberapa pesan untuk mereka dari masing-masing perwakilan 8 komunitas (Yayasan Aku Belajar, EEC,KEY,ESA,KOTAKU,PTK BERKEBUN,HIJABI PTK).
Ya, semoga bermanfaat apa yang kami bagi, semoga juga berkah, dan aku teramat sangat bersyukur kepada ALLAH  atas apa yang aku punya, semoga ALLAH selalu melindungi adik2 di sana yang sangat bersemangat menjalani hidup ini walaupun dengaan segala sesuatu yang biasa saja, tapi ada yang tidak biasa dari mereka yaitu SEMANGAT dan BERSYUKUR....

Finally that`s all is DONE and we do GREAT...alhamdulillah...

Ayooooo mari kitaaaaa pulang,
di perjalanan pulang,
bruuuuuuukkkkk bang Rio jatoh lagi, 
mau enggak mau nyari lagi abang-abang yang tadi (nama nya bang imam), dia deh yang bawa motor bang Rio, lalu kami berdua jalan kaki...

Hujan turun rumayan lah rintik-rintik nya buat basah, dan ternyata kami udah melewati setengah dari panjang nya jalan ini dengan jalan kaki, thank you banget buat kak Mia yang maksa kita supaya nebeng dengan mereka. walaupun masih sangat trauma takut jatoh lagi, aku coba naik deh di tebengin sama bg Sony.

Eh ternyata, bang imam nya kelewatan, jadi kita sibuk lagi menghubungi beliau dan finally dia dateng juga bawa motor nya bang rio. *rempong kalo di terusin*

Iintinya aku sama bang Rio girang buuuuuuuuuuuuanget ketemu sama jalan aspal lagi :D
hehehehe alhamdulilillah...

Tapi enggak jera kok ke sana, hehehehe 
malahan sangat berharap ada yang mau bantuin untuk buat jalan ke sana itu lebih baik, di besarkan, di semen, intinya di buat LAYAK.
di perjalanan juga bang Sony cerita kalau jalan nya sekarang ini udah lebih baik dari sebelum nya, karena akses perjalanan nya seperti ini lah yang membuat agak terhambat.








Yaaaah semoga lah segera ada yang baik hatinya mau membantu memperbaiki Jalan di Parit Sambin ini, menuju ke Ponpes Hidayatul Muslimin.. amin.

Hari itu aku belajar, bahwa rasa syukur kepada ALLAH itu membuat indah semua nya yang kita hadapi, sekalipun terkadang kita tak inginkan...tapi bersyukurlah.

Viapuccino, a cup of life.

2 comments:

  1. Ass wr wb. Wah seru juga nih action dan perjuangannya menempuh perjalanan yang melelahkan dan juga banyak tantangannya hiheiheiehe,. Asyik nih membaca alur ceritanya yang runut seolah olah saya juga hadir di perjalanan yang seru ini.

    KEY (Khatulistiwa English Comunity) itu saya juga kenal beberapa "pentolannya". Salah satunya adalah Dwi Sasta Kanaya, broadcaster Radio Kita FM, atau biasa disebut Dwi RaEmon karena fave nya memang DoraEmon. Wassalam

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam kang aaaasepppp.... wah tnaks sebelumnya kang, rajin mampirrrr.. hehee
    Ya kang subhanallah ke sana sangat tantangan buuuanget euy, hahahaa....
    Oh ya kang, mbak dwi... dia itu senior saya waktu kerja di radio kita kang, dulu sy juga sempat kerja di sana waktu masih SMA gitu...hehehe 2 tahunan ada lah :D

    ReplyDelete