Bukit Jamur : Awan putih selamat datang!

Hei readers....

Udah lama banget ya aku nggak nulis sambil curcol lagi. kangen loh....
Nah, untuk ngobati kangen ini, ada cerita tentang perjalanan ke Bukit Jamur di Kabupaten Bengkayang pas weekend kemaren.

Sebelum nya kak linda yang cerita, kalo kak melda ngajak ke bukit jamur. bukit yang lagi Happening banget di Kal-bar. Aku langsung bilang aja mau ikutan, karena waktu itu sempet liat foto nya Rizka edmanda yang pergi ke sana sama tim nya Tribun. Mulai dari situ deh cek sana-sini tentang bukit jamur.

Awalnya sempet terkendala mau pergi karena ada kerjaan, eh pas udah di reschedule bisa nih. Nah, tapi pas H-1 mau pergi, pas hari jumat nya malah demam cuuuuuy... parah x_x
Tapi syukurlah masih rejeki buat pergi, aku jadi ikutan kak Linda sama kak Melda ke Bukiiiiit Jamur....
Yeaaaayyyyyyy!!!!

Well, setelah bangun tidur yang langsung buru-buru packing juga disertai nungguin tenda sama beli sendal baru. kak Linda pun dateng jemput. Eh, itu kaki ternyata sama sendal baru. Halaaaaahhh...
Kelar itu kita jemput kak Melda di rumah nya, Yang sama juga pakai sendal baru. Jadilah ini 3 dara ke bukit jamur sama sendal hking barunya, ttttsaaaahhhhhh.

Perjalanan kurang lebih 4 jam kita tempuh dari Kota Pontianak menuju Kabupaten bengkayang, yang memang terkenal dengan pemandangan gunung juga bukit nya. sepanjang perjalanan juga masih banyak pepohonan yang menyapa ramah kami mengucap selamat datang. Dan kebetulan aja ini pengalaman pertama aku ke Bengkayang, selain pertama kali nyobaik hiking.

Sampai di bengkayang, kita nyari tempat nyante sebentar sambil nunggu Bang Rio, guide nya kita. Kita stop di Lala cafe, ruko di depan taman bukit sebalo. Sambil coba ngubungi Bang Rio, di tempat yang sama ada beberapa orang juga yang ternyata mau daki. Kita tau nya waktu bang Rio dateng, eh ternyata itu abang-abang pada kenal sama bang rio, terus bang rio nya bilang biar kita sekalian aja pakai pick up sama mereka. Baiklah, hajarrrr.

Bukit Jamur ini  mulai dikenal tahun 2012, dan semakin booming tahun ini, makin banyak yang ngunjungi ke sana sampe masuk di koran Tribun juga. Dan tahun depan, 2015 nanti anak2 komunitas REI Indonesia punya rencana mau mampir juga loh ke sini. Keeeren yaaa...
Sebenarnya memang nggak tinggi-tinggi banget cuma 500mdpl tempatnya kita camping itu, kalo sampe ke puncaknya sih iya 800mdpl. Tapi, track untuk naiknya asli Kalimantan banget.

Sebelum mendaki, kita isi buku tamu dulu, dan perjalanan pun dimulai.

Awalnya . . . Seneng banget,....
Sok kuat pokoknya dengan tentengan di tas yang berat (Pas setengah jalan, rasanya pengen di buang ini yang di dalam tas, tapi Kata bang Rio pokoknya harus kuat). Hemmm,Belum lagi bincingan yang di bawa. Fiiiuuhhhhhhhhhhhh...
Cuaca yang agak kurang bersahabat juga membuat kita harus melewati medan yang licin karena hujan. sedikit saja lengah bisa kepeleset.Jalan yang semakin menanjak dan becek, membuat kami harus pandai mencari tapakan-tapakan yang pas. terkadang harus di pimpin dengan teman yang lain, bahkan harus sama-sama menunggu ketika lelah.

Kita melewati 4 Pos, dan banyak pos tambahan kalo udah nggak tahan. Maklum ya readers yang hobi hiking, kami ini newbe masalahnya. hehehee *kibas poni*

Becek, batu-batu sampai aliran air kecil kita lewati demi sampai puncak. walaupun di setengah perjalanan, aku kepengen pulaaaaaaaaaaaaang.
Serius.
Tapi, mikirnya udah setengah jalan coy, kalau pulang harus lewat lagi dong jalan sebelumnya. nah, akhirnya bulatkan tekad luruskan niat. HARUS SAMPAI, ayo liv semangat, oliv bisa, harus sampai. seperti hal nya filosofi hidup semakin mau sukses semakin banyak tantangan nya. gitu juga semakin mau ke puncak tantangan nya jauh lebih berat.
Merayap, pakai tali, sampai kepeleset dan pegangan di akar pohon yang gede aja.
yang rasa nya tuh, udah pasrah.
tapi....bersyukur banyak yang bantuin dan nyemangatin.
Nggak peduli kenal apa nggak, semua nya saling bantu yang tujuannya cuma satu, kita semua sampai di atas dengan selamat. hikkksss terharu....

Finally........
Kita sampai di atas :D
yeeeeeeeeeeeeeeeayyyyyyyy!!!!!!!

Setelah sampai, perasaan nya campur aduk sih... walaupun pas pagi datang udah lupa sama capek nya, yang ada cuma seneng yang kebangetan. pemandangan yang setimpal kita dapetin.

Karena kesorean mulai daki, jadi pas nyampe di sambut sama banyak bintang di langit dan riuhnya pendaki lain yang udah sampe duluan.Mulai bersih-bersih sambil di bantu temen-temen cowok diriin tenda.siap-siap untuk bikin cemilan dan nikmatin malam sama-sama.kebetulan malam itu, malam minggu.untung nya di atas masih ada sinyal, jadi masih bisa kontak sana-sini.

Makin larut malam, makin datang lah udara yang rumayan dingin. kita siap-siap untuk rehat sejenak dan berharap bisa ngeliat sunrise besok pagi.wesss, tidur di tenda masing-masing. Tapi apa daya, kalau udah hujan dan bocor melanda. sekalipun aku dan beberapa teman ngelupain itu semua dan tetap aja tidur tenang kayak enggak ada apa-apa. tetep aja beberapa orang teman enggak bisa tidur, dan jadi nya ngerumpi lah sampe pagi. pagi nya di bangun paksa deh. hehe

Begitu bangun pagi, kerasa banget masih dingin nya. dan bener aja ngeliat langsung embun pagi ngumpul, udara sangat segar serta riuh anak-anak yang lain sibuk mau foto-foto. setelah bersih-bersih, aku langsung ambil kamera dan siap-siap untuk memotret moment yang indah di depan mata. sekalian juga narsis bareng temen-temen.

Bukit Jamur subuh hari

Bukit jamur menjelang pagi hari

Seneng ya bangun pagi-pagi liat yang beginian.

Bukit jamur jam 9 pagi

Camping di Bukit jamur

3 abang ganteng (Rival, Bg Niko, Bg Tri) yang setia jadi petugas bongkar pasang
dan benerin tenda nya 3 dara.

see you again Bukit Jamur
Eeeemmmmmm, sebut saja Geng Jamur!

Maklum naluri kebangsaan nya tinggi banget!

Semakin siang, sekitar jam 8 sampai jam 9 embun nya makin ngumpul dan bikin sedikit bertahan untuk enggak kemana-mana dulu. puas-puasin foto-foto, temen-temen juga ada yang bikin video, mulai dari video bener sampe deh video yang bikin ketawa sampe sakit perut. intinya seketika kita ngelupain kalo abis ini harus berjuang lagi untuk turun.

Kelar nikmatin itu semua, saat nya untuk beres-beres.

Beres-beres nya udah, dan saat nya perjuangan dimulai kembali. sebagai seorang newbe, rasa nya mau turun ini campur aduk banget. tapi sekali lagi makasih banyak untuk Bg Rio dan kawan-kawan guide yang lain, terutama Ando, sampe kita bener-bener di bawah, 3 dara di pandu sama Ando. Thank you so much #bighugs

Bengkayang dari bukit jamur

Ini nih yang nama nya Bg Rio

Kalo tadi waktu naik aku nya sempet kepeleset dan hampir jatoh, nah ini pas turun pertama kali yang pakai tali, serius itu pengalaman pertama kali kayak begitu. apa jadinya oliv kalo nggak di bantu si ganteng bang Rio dan Ando. terus di bantu sama yang nama nya Bg Abas, sampe di mata air tempat kita isi minum sama cuci - cuci kaki cantik. Big thanks deh pokoknya.

Dan setelah itu 3 dara lanjut turun ke bawah sama ando. cukup deh pokoknya pakai acara kepeleset 2 kali, hahahahaha. tapi tenang readers, masih cantik kok kita #eeehhhhh

Sampai di bawah, kirain udah di tinggalin sama teman-teman lain. ternyata masih di tungguin. kita pulang sama-sama pakai pick up nya dengan hujan deras di jalan. dan alhasil kak linda sampe beli baju kaos dan training baru. #horeeeeee hahahaa

Kita bersih-bersih di mess nya anak-anak bengkayang. kelar itu lanjut makan dan siap-siap untuk pulang.

Ternyata pertemanan nya enggak sampe disini aja, kalo biasa nya sepintas lalu ini semoga bisa sampai kapanpun. amin

Well..... di perjalanan yang tak semulus yang kita bayangkan ini banyak hal yang membuat aku belajar. Selain setiap travelling itu menambah rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Kali ini belajar juga tentang solid dan nggak apatis.

Makasih banyak untuk semua nya. bener-bener weekend yang nggak akan di lupain.

Geng jamur lagi nge-iklan Viapuccino Studio :D

Selamat memilih destinasi liburan kamu ya readers. bisa ke sini juga kalau mau, jangan lupa siapin peralatan camping yang pastinya fleksibel dan enggak berat. karena perjalanan yang rumayan bakal butuh tenaga. intinya prepare.

See you for the next !

Ayo travelling ke Bukit Jamur!