Asrinya Kampung Berseri Astra Pontianak


Kampung Berseri Astra Pontianak

Pontianak menjadi salah satu area yang memiliki Kampung Berseri ASTRA dari sekian kampung pilihan astra di indonesia. Sore itu di sela-sela kegiatan akhirnya aku mampir di area sekitaran kampung astra ini. Kawasan nya yang ari serta sejuk membuat rasa nyaman menyusuri nya, salah satu yang paling mencolok adalah di sambut dengan sisi tembok yang di penuhi kreativitas Grafiti , sungguh lingkungan yang menarik bukan.

Kampung Berseri Astra
Kampung Berseri Astra ini merupakan program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra, atau yang lebih di kenal dengan Program Corporate Social Responsibillity (CSR) yang di berikan ASTRA lalu diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan & Kewirausahaan. 

Melalui program Kampung Berseri Astra ini masyarakat dan perusahaan dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas dan produktif sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah Kampung Berseri Astra.

Salah satu Gang di area KBA Pontianak


Safety riding KBA

Tanda tujuan menuju area Kampung Berseri Astra (KBA)


Mapping area Kampung Berseri Astra (KBA)
Area KBA di Pontianak yang luas nya 221.000m2 ini terletak di Sungai Jawi, yang pada Maret 2016 lalu mulailah kampung ini di jadikan Kampung Berseri Astra setelah melalui beberapa tahap :

  • Kordinasi Perusahaan Grup Astra
  • Pembentukan tim KBA
  • Koordinasi dengan pemerintah daerah
  • Social mapping
  • Penentuan lokasi KBA 
  • Penyusunan rencana program
  • Komitmen bersama dan kick off program KBA
Kampung Astra Sungai Jawi ini sendiri memiliki 4 sektor yang menjadi pilar yaitu Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Kewirausahaan. yang harus terus di gaungkan demi terus berperan aktif untuk mewujudkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu yang akan memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Asrinya lingkungan di KBA Pontianak area Sungai Jawi ini di wujudkan dengan adanya kebun dengan berbagai macam tanaman di beberapa area, salah satunya Kebun Toga Margo Indah, lalu adanya lapangan sepak bola yang terjaga untuk berolahraga serta grafiti-grafiti keren yang ada di sekitaran tembok lapangan sepak bola menjadi kan lingkungan nya semakin asri, asyik dan menarik.



Area mural kampung astra
Untuk kesehatan di area KBA sungai jawi ini terdapat satu Posyandu yang siap menjaga kesehatan anak-anak  yang bernama Posyandu Peduli Bangsa. Demi mewujudkan anak-anak bangsa yang sehat agar bisa mengejar mimpi serta cita-cita mereka.
Lalu pada bidang wirausaha ada banyak berbagai warung di sekitar area KBA ini dan salah satunya adalah UKM yang memproduksi Opak serta Rengginang, yang bisa membantu untuk meningkatkan perekonomian warga, serta membuat warga semakin mandiri.

Well, setelah berkeliling - keliling di Kampung Berseri Astra yang Asri ini aku sangat berharap nggak hanya di Sungai Jawi aja nih yang di Pontianak. Karena semakin banyak Astra membangun KBA melalui CSR nya semakin banyak pula warga yang area nya terbangun baik yang bisa mewujudkan Semangat mereka, semangat untuk membangun Indonesia. 

See you next post,

LO
VE

Oliv



You May Also Like

1 komentar

  1. indah sekali kampungnya.. memang astra keren banget program csrnya

    ReplyDelete

IG