Sunday, August 25, 2013

Belitung I'm in Love #3

Hello para readers, sorry nih guys cerita nya pakai bersambung. Enggak boleh baca terlalu banyak tau entar puyeng.
hahahaha...
kita lanjutin lagi ya, kalau kemarin udah ngebahas tentang destinasi wisata yang ada di Belitung Barat.
sekarang kita jalan-jalan yang rumayan jauh nih guys, kita ke Belitung Timur.

Special deh buat kamu para penggila Laskar Pelangi, dan juga para penikmat Coffe. Nah, mesti kudu harus wajib ke sini.
ada 3 tempat yaitu Gantung, Manggar dan Kampit.

#1. Gantung
Daerah gantung yang bisa kita kunjungi saat ini beda banget guys dengan daerah gantung yang dulu. perjalanan nya dari tanjung pandan tengah kota nya sekitar 1 jam 30 menit (kurang lebih).
rumayan jauh nih jadi harus prepare cemilan, makanan dan minum juga guys. dan rute yang di sarankan ke Gantung dulu, ke manggar baru lewat ke kampit.
di Gantung, ada banyak spot nya Laskar Pelangi karena daerah ini juga merupakan Tanah kelahiran nya Bang Andrea Hirata.
SD Muhammadiyah Gantung yang original, ada di sini yang masih kokoh bangunan nya walaupun udah rada usang.
sekarang plang nama nya ada dua, satunya itu SD Laskar Pelangi. di sini memang sekolah aslinya tapi bukan yang di pakai buat syuting. ada replika nya yang buat syuting guys.
nah, kalau yang main prosotan pakai batang pohon kelapa itu baru di depan SD nya yang asli, karena kondisi nya yang memang di atas dan di bawah nya itu pasir gitu.
beeeh sedep lah, jadi kepengen nyobain pula. hahaha...
di deket sd nya ada Rumah Pelangi, ya bisa dibilang semacam cafe gitulah guys. tempat mampir nya untuk para wisatawan yang dateng.
Pemandangan di depan sekolah nya juga bagus banget. jadi tetep jangan lupa abadikan moment ya guys.








#2. Museum Kata Andrea Hirata (Indonesian first literary museum)
Di perjalanan menuju ke museum kita ngelewatin replika sekolah SD Muhammadiyah Gantung yang untuk syuting film guys. kalau mau singgah ya monggo boleh kok.
nah jarak nya mau ke museum sekitar 20 menitan aja udah sampai guys. Inilah museum yang keren banget tanpa melupakan sisi khas melayu juga vintage nya guys.
bangunan nya masih baru juga guys. di sini banyak banget foto-foto tentang film Laskar Pelangi, sang pemimpi juga ada. kutipan novelnya bang Andrea Hirata juga ada pastinya. tentang bang Andrea juga.
ada cerpen nya beliau juga. cover-cover novel nya juga ada di pajang di sini guys. foto-foto tentang "Do I inspire you ?" juga banyak loooh. perabotan rumah yang jadul ala-ala vintage gitu juga banyak guys.
jangan lupa juga nyobain Kupi Belitung yang bisa di pesen di "Kopi Kuli" dengan design dapur ala rumah melayu zaman dulu. :D hehehehehe enak loooh guys kopi nya.
ada juga satu tempat yang ngebahas tentang kak "Meda-single in the world-" kakak ini nih yang nyanyiin soundtrack novel nya laskar pelangi guys.
banyak juga tempat lain yang sedang dalam tahap renovasi. This is the real youngest museum I think. So gorgeus guys !!! Great bg Andre :D












Kelar dari gantung, kita beranjak dan mampir ke Manggar yang punya 1001 warung kopi guys.

#3. Manggar, kota wisata 1001 Warung Kopi
Nah, bertempat di daerah sekita pasar Manggar, kamu bisa nemuin banyak banget warung-warung kupi di sini guys. iya nyebutnya itu kupi di sini dari bahasa khas nya sih :D hehehhee.
mulai dari tempat yang masih jadul banget sampai yang udah rumayan keren deh. bisa kamu singgahi buat nyicip kopi asli belitung yang di buat langsung masyarakat Manggar ini. 
jujur ya sebenarnya aku enggak terlalu suka kopi hitam, tapi nggak sah rasanya kalau enggak nyobain. jadi 1 gelas kecil aja deh, harga nya per gelas sekitar Rp 4.000 sampai Rp 5.000 guys.
di sini juga ada tugunya 1001 Warung Kopi loh. nah, enggak boleh lupa ya mampir ke sini. tempat nya di bundaran pasar nya di deket Warung Kopi Hawai guys.
yang bikin berwarna di sini juga lampu jalan nya yang warna-warni tiang nya (warna pelangi). beeeh yang tertarik boleh deh foto-foto juga.



Nyantai di manggar selesai bisa pulang lewat kampit guys. ada apa di kampit.

#4. Timah
Sudah pada tau dong ya di Belitung ini yang paling terkenal dan membuat jaya nya itu adalah TIMAH. nah, di kampit di sepanjang jalan nya lepas dari bagian perumahan masyarakat kamu bisa ngeliat langsung bekas-bekas galian timah guys.
yang sebenarnya kalau di lihat dari pesawat itu jelek banget loh. bolong-bolong karena penggalian timah guys. dan lama kelamaan dari penggalian itu terbentuk lah waduk-waduk yang cantik, menarik tapi enggak boleh untuk mandi ya guys. bahaya !
Dan di sekitaran tempat itu juga ada Pabrik timah yang di pakai untuk syuting film Laskar Pelangi guys. 

Sebenarnya di daerah timur ini juga ada beberapa pantai. tapi tetep aja di daerah Belitung Barat lah yang juara nya guys.

That's all a review tempat2 Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. untuk urusan KULINER yang khas di sini ya tentunya makanan - makanan khas dari laut (seafood gitu).
Nah Empek-empek, Tekwan, Gangan (kepala ikan), Kentang Kucok, Otak-otak, kerupuk-kerupuk ikan, Mie Belitung, Soto Belitung, Mie rebus belitung, abon ikan, dan yang suka sama terasi jangan lupa juga di beli guys.
semua itu di daerah pasar b banyak yang jual, bisa di beli di UMUKM di daerah pasar. yang mau kasi oleh-oleh gantungan kunci gitu atau pajangan bisa beli di sini sama snack -snack guys.
harga gantungan kunci nya sekitar Rp 5.000 - Rp 90.000-an kalau untuk snack nya ulai dari Rp 10.000 - Rp 60.000-an disana juga ada jual Batu Satam guys, harga nya mulai dari  Rp 35.000 guys sampai Rp 700.000 (rumayan mahal yaa).
harga batik di sini juga rumayan harus merogoh kocek dalam-dalam karena semeter nya itu Rp 235.000 guys.hehehee
kalau kamu mau beli kaos di deket mesjid agung belitung, patokan nya dari mesjid agung belitung lurus ke kiri ntar ada toko gede yang banyak jual kaos-kaos, deket tempat beli tiket kalau mau nyebrang ke Bangka guys.
harga kaos nya mulai dari Rp 40.000 - Rp 70.000 di UMUKM itu juga ada tapi rumayan mahal guys Rp 80.000 - Rp 125.000-an.
Jadi tinggal pilih aja ya mau beli apa untuk oleh-oleh.
Kalau mau GRATIS, nah ambil aja kerang-kerang di laut terus di kreatifkan sendiri biar jadi oleh-oleh yang CANTIK :D
hehehe...

Tentang apa lagi ya yang kurang, emmm... yang kurang adalah KAMU nya yang baca kapan mau LIBURAN ke sini guys ???
hehehee... ayo cepetan mampir ke Negeri Laskar Pelangi yaaa, di jamin banget enggak bakalan nyesal deh pokoknya. 
semoga sedikit share tentang destinasi tempat liburan yang udah aku kunjungi bermanfaat buat kalian ya guys.
Mau liburan nya ala koper atau ala ransel TERSERAH tinggal pilih deh, asalakan tetep jalan-jalan tetep TRAVELLING .

Salam Hijab Traveller, yang Berhijab juga jago TRAVELLING !!!

Viapuccino, a cup of life ! 

No comments:

Post a Comment