Sunday, August 25, 2013

Belitung I'm in Love #2

Travelling to Belitung Island...

For the first, aku udah buat note di postingan Belitung I'm in Love kemarin. Monggo baca...
and, the next kali ini bakal aku ceritain lagi lanjutan nya.

Berhari-hari di sini, membuat aku memiliki banyak pengalaman yang di dapat. 
mulai dari buat kue (jadi ceritanya les private gitu sama tanteku tersayang) jadi entar di Pontianak aku buka usaha baru nama nya "VIAPUCCINO CAKE - your dream's cake!"
terus juga belajar tentang bahasa daerah nya (harap maklum lah, setiap hari denger jadi ada beberapa yang bisa).
and yang pasti jalan-jalan ke tempat wisata di sini sangat menyenangkan. 
Bisa ketemu banyak sanak saudara dan keluarga juga jadi satu hal yang paling berharga disini. alhamdulillah.
Finally guys, 
enggak usah lama-lama lagi, aku bakal share apa aja yang aku dapet dan juga ada beberapa tips dan saran buat kamu yang mau Travelling ke sini.

#1. Transportasi
Aku tinggal di daerah Kab. Kubu Raya ya deket banget lah sama Kota Pontianak, jadi biar mudah mau ke Belitung lebih baik naik Kapal Laut PELNI.
WHY ??? Lebih dekat,lebih murah, dan aman dong pastinya. karena kalau naik pesawat harus transit ke jakarta dulu. dan otomatis harga nya jadi muaaaahal banget.
kecuali kalau kamu dari jakarta guys. kalau pakai kapal minus nya cuman karena jadwal nya yang kadang bisa sebentar, kadang juga bisa lama banget.
kalau pakai pesawat ya, tergantung kamu yang nentuin jadwal nya guys.
Nah, kalau udah sampai di belitung nya mau jalan-jalan gitu kalau mau nge-rental mobil kamu harus merogoh kocek rumayan dalem guys, perhari nya mobil rental itu Rp 300.000 /hari.
Naik ojeg juga bisa, atau kalau mau ikutan yang paket pariwisata itu udah sekalian dengan mobil pariwisata mereka.
So.... tinggal pilih mau yang mana. :D

#2. Penginapan
Kalau buat kamu yang backpackeran di sarankan cari homestay misal, rumah temen, saudara nya temen, atau keluarga kamu sendiri. kalau ada yang mau nginep di rumah kakek ku juga bisa.
kebetulan beliau punya tempat kos-kosan perhari nya cuman Rp. 40.000 (enggak termasuk makan). rumah nya tepat di samping Mesjid Agung Belitung di Tanjung Pandan, kediaman Bapak K. A. Rustam Efendi.
kalau mau sama makan 3x sehari bisa konfirmasi ke nenek aku (Bu Suminah) untuk harga nya. But guys, tenang aja nih buat kamu yang mau nginap di Hotel di sini juga banyak.
mulai dari Hotel kelas Melati sampai yang berbintang ada. mereka juga udah nyediain untuk paket wisata gitu. paket wisata menginap 3 hari 2 malam yang rata-rata sekitar 1 juta lebih gitu.
lokasi Hotel nya ada yang di daerah pasar, daerah dekat tempat-tempat wisata juga ada. biasanya mereka udah nawarin paket lengkap juga, buat info yang kepengen paket lengkap bisa cek di www.belitungisland.com 
nah situs travel ini yang paling keren dan bagus di belitung guys, mobil pariwisata mereka juga punya pribadi ada labeling nya gitu deh. Jadi mau nginep dimana kalau ke Belitung ?
tinggal pilih :D

#3. Tempat Tujuan
Disini banyak banget berbagai destinasi wisata yang bisa dikunjungi guys, dengan nikmatnya perjalanan pastinya. karena jalan nya yang mulus banget, salut deh buat pemerintah nya.
Kalau kamu tau tentang Novel atau Film Laskar Pelangi, nah tempat syuting nya itu ada di sini guys.

-Pantai Tanjung Tinggi, yang buanyak banget batu-batu gede nya dan itu lah dia yang bikin menarik nya. di sana juga ada Plang nya gitu kalau di pantai itu pernah untuk syuting film Laskar Pelangi.
nah pantai ini letaknya di daerah Belitung Barat, perjalanan nya kalau dari pusat kota di tanjung pandan nya itu sekitar kurang lebih 1 jam.







-Pantai Tanjung Kelayang, nah pantai yang ini lebih terorganisir guys, karena di sini pernah di jadiin untuk tempat penyambutan dalam rangka Sail Wakatobi-Belitong tahun 2010, ada loh batu nya. di sini yang bikin menarik ada tulisa yang gede banget "WELCOME TO BELITONG" .
wuuuishhh...jangan sampai enggak foto-foto di sini deh. nah di sini juga ada pemandangan batu khas Belitong, yaitu Batu Garuda bisa pakai lensa telle deh yang suka moto.
selain itu, di sini juga banyak kapal-kapal kecil yang bawa penumpang ke Pulau Lengkuas (Pulau kecil yang ada mercusuarnya), Pulau Pasir (yang ada hanya ketika air surut). kalau per-orangan sekitar Rp. 50.000 (perginya) tapi,
kalau kamu rame-rame bisa deh di sewa gitu biaya ny sekitar kurang lebih Rp 500.000 (perginya). 




Kalau mau ke tanjung tinggi jangan lupa sekalian ke Tanjung Kelayang karena deketan posisinya guys.

-Batu Mentas, nah buat kamu yang suka pemandian wisata alam. yang go green, di sini dia tempatnya. gunakan 1 harian buat mampir dan mandi ke sini guys. murah kok 1 orang bayar nya cuman Rp 2000. 
air nya sumbernya dari air terjun yang ada di belitung (jauh banget guys jaraknya) air nya di sini segeeeerrr banget looh. nyesel kalau enggak mandi.
hehehe...
di sini juga ada binatang khas nya Belitung yaitu Tarsius. tapi karena dia pemalu pakai banget. jadi agak susah deh ketemunya.
di sini juga bisa mau ikutan paket ke pulau gitu untuk diving guys. mau sewa ban dan life jacket juga ada kok.
Tapi ingat jangan lupa bawa makan dan karpet atau alas duduk karena di sini cuman ada 1 cafe aja. jadi kalau mau hemat bawa sendiri ya guys.
di sini ada musik lho, keren. di sini juga ada penginapan alam yang semalam nya Rp 850.000 .
Perjalanan nya kurang lebih 1 jam juga kok guys dari daerah tanjung pandang di tengah kota nya.




-Bukit Berahu, nah di sini juga ada guys pemandangan yang sangat seru buanget. jadi dari cafe nya di atas kita turun tangga ke bawah. di situ ada penginapan-penginapan. baru deh di depan nya pantai. di sebrang pantai itu ada pulau kecil yang kalau surut dengan jalan kaki aja kita bisa ke sebrang sana ke pulau kecil itu guys.
di sini harga makanan nya juga rumayan merogoh kocek. jadi bekal sendiri lebih baik dan ingat jangan buang sampah sembarangan ya.

-Tanjung Pendam, ini yang paling deket di daerah perkotaan. 15 menit sampai guys. seperti konsep taman kota yang punya pemandangan langsung ke laut loh. kalau pagi hari air nya surut kita bisa jalan sampai hampir ke tengah laut nya.
tapi ingat jangan mandi di sini karena pasirnya itu di bawahnya lumpur jadi bisa ketarik dan tenggelam ntar. 
di sini buka nya 24 jam. ada cafe yang ada life music. ada juga cafe-cafe kecil yang jual pempek yang enak-enak loh. ada permainan anak-anak. tempat oleh-oleh. lapangan basket.
taman bermain anak juga ada. pokoknya asyiiikkkk dan seru juga deeeh guys. oia tiket masuk nya Rp 2000 aja kok nggak mahal.





-Tirta, pemandian alam juga nih tapi jaraknya masih sekitar di tengah kota deh. tempatnya bagus air nya dingin banget guys tapi. yang suka seger-seger dingin boleh ke sini.
di sarankan bawa bekal makanan deh, karena rumayan mahal. oia, tiket masuknya 1 orang Rp 10.000 aja guys.

-Museum dan rumah adat Belitung juga jadi destinasi budaya yang wajib di kunjungi guys. dan jangan lupa ke bundaran kota yang ada Batu Satam nya. itu batu meteorik yang khas di sini.
kalau untuk aksesoris bagus loh, tapi harga nya juga abgus banget mulai dari Rp 35.000 - Rp 700.000 :D

Itu beberapa destinasi pariwisata yang ada di bagian Belitung Barat.
kalau belitung timur ada apa aja yaaaa ??

Mau tau ??

tunggu note di postingan selanjutnya yaaa guys,

Viapuccino, a cup of life !    

2 comments:

  1. Info sewa mobil di Bali plus sopir dan BBM
    Kunjungi http://www.rentcardibali.net
    KANTOR
    Jalan Uluwatu Perumahan Taman Penta III Blok A No 5. Jimbaran, Bali
    Telp : (0361) 9239269
    HP : 0812 3713 4840
    HP :0859 3511 5970
    PIN BBM : 27956157

    sewa mobil di bali
    sewa mobil murah di bali
    rental mobil di bali
    rent car di bali

    ReplyDelete