Thursday, June 9, 2011

Behind the voice "Olivia Karlita" Part 1

Malam itu aku lagi siaran,
tiba-tiba aku dapet sms dari sobat aku, gini isi nya :
 
 wiwik
19/05/2011 19: 28
Pengen jadi penyiar radio !

Kebetulan kemarin malam aku lagi on air, aku balas gini :
To :
Wiwik
nanti kalau ada pembukaan jadi Dj lagi di kasi tau :-)

Dia pun balas...
Wiwik
19/05/2011 19:45
ok ok.
wwkkkwkwk....                          

Selesai sms singkat ini, aku langsung diam sambil bengong,
kebetulan juga lagi lagu jadi belum take vokal...
Aku jadi teringat banget, kalau tanpa informasi dari dia tentang pembukaan jadi Dj di radio aku sekarang aku pasti enggak kayak sekarang,
memang sih kemampuan juga menentukan untuk jadi aku yang sekarang tapi, kemampuan tanpa link, atau info dari orang lain enggak akan berguna tentunya..

Aku dan dia, temen dari kecil...
karena kitatetanggaan, kebetulan pas gede` kita satu SMP, satu ekskul juga di paskibra swanda tapi cuman temen biasa aja...
enggak sengaja, waktu kelas 9 smp, aku sama dia satu kelas dan di sinilah semua kedekatan kami di mulai..hhahha kedekatan sebagai sohib ya...(jangan mikir macem2 !!! )
duduk nya sebrangan (sebrang bangku, kalau sebrang sungai kejauhan...hhaha), pulang nya sering sama-sama karena kita senasib kalau pulang pakai angkutan umum (malang nya kami..hiks... !!)
aku, dia dan beberapa sohib kita makin deket setelah lulus SMP, sering jalan bareng, foto bareng, gila` bareng lah...

Dia paling deket sama aku,
aku paling deket sama dia.
aku tetangga dia,
dia tetangga aku.
aku suka denger radio,
dia suka denger radio.
aku mau jadi penyiar,
dia juga mau jadi penyiar.
aku udah jadi penyiar,
dia belum jadi penyiar.

Perbedaan di bagian akhir, buat aku mau bilang makasih banget sama dia...

Sekitar kelas 1 SMA, kita sama-sama nyoba jadi penyiar di salah satu radio swasta di pontianak...
yang waktu itu nawarin siapa aja yang mau jadi penyiar radio,
mereka buat komunitas, ada 3 waktu itu, Penyiar, Band, Film...
yang ini kita berdua sama-sama dengar info nya, dan mempersiapkan semua sama-sama.
mulai dari ngambil formulir, sampai balikin nya.

Hari pertama di sana, yang mau ikutan tuh dikumpulin...
waah, rumayan ramai deh, ada belasan orang,
setelah di kasi wejangan manis dari seorang penyiar senior nya, kita pulang..

aku di hubungi sama salah satu penyiar nya, dan langsung di suruh siaran,
gila`... mimpi apaan nih....??
di suruh nyiapin script siaran sendiri,
ya udah aku buat sesuai yang aku bisa aja tuh, sampai di sana langsung masuk ke ruangan siaran nya dan siaran.
waaah semudah itu ya ??
enggak tau juga, aku ikut aja.. hhahha
karena menurut yang memberi wejangan itu, ini cara yang lebih enak dan efektif...

kesempatan kedua, aku juga ikutan siaran lagi...

next time, gantian sobat aku yang siaran, aku juga ikut nemenin dia..hehhe seru deh...
aku sama dia seru...
kalau siaran nya, yaa... boleh lah...
setelah itu, enggak ada kabar lagi sampai aku buat note ini tentang komunitas itu,
mungkin lenyap perlahan sepertinya...
pupus sudah...
selesai dan musnah lah harapan kami (ya allah benar-0benar malang nasib mu nak..ccckkkkk`....hikkksss!!)

Hari...Bulan...tahun berganti gitu saja,
sekolah, ekskul, itu lah kesibukan kami di luar rumah...
tapi mendengar radio, tetep wajib !! sekalipun lagi mencuci piring atau baju.. hhahaha

Aku lupa bulan apa, yang pasti sobat aku sms hari itu,
ada lowongan untuk jadi penyiar radio di salah satu radio swasta di pontianak,
radio nya terkenal, dan TOP BGT lah...
langsung aku denger juga radio itu,
eh, iya beneran, ada lowongan...
ini radio impian aku,
waah pernah sih sedikit mengandai-andai kalau aku jadi penyiar radio ini...
tapi udah lah, susah euy..!!
bubar jalan deh tu khayalan...

Setelah positif kita mau ikutan daftar,
aku kebetulan punya senior yang memang penyiar radio di sana,
aku sms deh, aku introgasi dia tentang pendaftaran jadi Dj nya,
langsung aku info kan ke sobat aku.

Next day, kita siapin surat lamaran,
waah, sobat aku sampai minjam contoh surat nya dengan abangnya,
ijazah, piagam/sertifikat, foto dan program terbaru ide dari kita...
aku ngumpulin duluan ke sana.
karena sobat aku sekolah sore, kita beda` ngumpulinnya.

Waktu ke radio ini, aku sesat loh..
ya ampun bingung banget nyari nya,
sampai aku muter-muter, isi pulsa, nelfon senior aku,
baru deh nyampai di sana...
naik ke atas, ketemu mbak-mbak, ya udah aku serahin aja semua nya yang ada di dalam Map...

Ternyata sahabat aku belum ngumpulin sampai pengumpulan berkas di tutup,
untung aja ada perpanjangan waktu...
lega deh, dia juga bisa ikutan..

Pengumpulan selesai.
naskah di baca-baca deh tuh sama orang-orang radio nya.
pengumuman yang lolos ke audisi (sekitar beberapa minggu nunggu nya, degdegdeg juga nunggun nya, hehe)

ngumpul deh di Kafe Koe,
di kasi arahan langsung sama Bos nya,
besok nya kita audisi.
sobat aku enggak dateng, dia sekolah sore...aku info kan aja deh ke dia..

Minggu,
datang juga hari ini,
waduh prepare banget deh mau gimana nanti...
audisi nya mulai jam 9 pagi dan enggak boleh telat,
aku pergi sama - sama nih dengan sobat aku,
aku nebeng dia,
setelah singgah di rental sebentar untuk foto copy script yang kita buat mau langsung cabut nih...Taapi...
sepatu aku, lepas tapaknya, penyakit lapar si sepatu buat masalah aja nih...
balik lagi deh terpaksa...
kasian sobat aku, sabar ya sob...emang cobaan hari itu...cckkk`

well... nyampai juga di kafe koe,
absen,
nunggu giliran,
wah, saingan nya anak kuliahan...
aku kan cuman anak SMA, kelas 2 lagi...
ketemu beberapa senior di PPI juga yg ikut,
kenalan juga sama beberapa orang di dekat aku,
wah, kakak-kakak nya udah kuliahan euy !! Hahaha,
But, I don`t care !!

Akhirnya giliran aku datang juga,
Ada 3 juri yang nilai,
seperti wajarnya audisi lah, perkenalan, coba siaran, jawab-jawab pertanyaan,
dan tes suara di atas..
pas udah selesai nih...
waduh.... berasa deh legaaaaa banget, plong deh ni perasaan.

Sobat aku dapet juga giliran nya,

udah selesai semua kita cabut ke rumah aku,
ya sekedar istirahat bentar lah..
jam 1 nya kita pergi lagi dan pas masuk sekitaran A. Yani 1,
hujan deras... waduh sampai berteduh di depan ruko orang deh kita berdua...
 lama banget... karena hujan nya enggak redah-redah... haduh...
akhirnya,
udah redahan dikit nih, langsung deh cabut...
nyampai sekitaran BLKI, kering kerontang...
enggak hujan sama sekali dan itu menyebalkan... !!!
kita berdua basah gitu loh.. huuuh :(

finnaly, pengumuman pun tiba,
setiap peserta yang ikut audisi di suruh maju sekitar 6-7 orang kedepan baru dipilih deh yang lolos,
dan say sorry buat yang enggak lolos.

well....
AKU LOLOS, hooooooooooore.......horeeeeeeeeeeee.......
(girang bgt, padahal asli nya cuman senyum-senyum bodoh aja, hhaha)
sobat aku nggak lolos...
hemm...... bukan rejeki kamu beb, sabar ya.... tetep semangat dan cari kesempatan jadi penyiar :)






Catatan ini memang tentang awal karier aku di radio,
tapi yang paling utama di catatan ini tentang sahabat aku wiwik...
thanks so much beb, hhahaha
senang bersahabat dengan anda (berat bahasa ny...cccccckkkkkk`)

 
........................................Tunggu Diary Story VIAPUCCINO selanjutnya.........................................

2 comments:

  1. alloow..DJ !!
    Request Donk hehehe..
    jadi Penyiar baru yah kk... ?? atau sudah lama.. ??
    kalau emang baru tolong donk jawab Pertanyaan saya nih yang penasaran ama Penyiar Radio.. hehe saya juga pengen sich..!!

    1. kalau kk masih baru, Apa sih alasan kk untuk menjadi seorang Penyiar Radio..??
    mudah kan pertanyaan saya.. heheh :D

    2. kalau kk sudah lama jadi Penyiar, Apa saja sih hal-hal yang mengasikkan ketika kk sedan ON AIR.. ??
    dan apakah kita harus pandai berbicara kah kk..??

    yah,, mungkin ituh aja yang saya tanyakan kk... !!
    soalnya saya senang benar mendegarkan seorang penyiar Radio tuh.. asik benar sepertinya.. ! hehe

    ReplyDelete
  2. Hahahaha :D
    enggak, bukan penyiar baru..
    cerita yg kk tulis ini cerita oktober 2009,
    udah rumayan lama lah...tapi msh harus banyak belajar :D
    hhehe
    oke2, aku jawab ya :

    1. Alasan utk jadi penyyiar radio...
    aku suka sama dunia broadcast,
    awalnya aku sering bgt dulu waktu smp jadi MC acr di sekolah, terus kelanjutannya aku suka denger radio juga waktu itu,
    singkron deh...
    keseringan jadi MC dan sering denger radio buat aku pengen banget menggeluti dunia ini,
    kira2 gt...

    2. Hal yang asyik waktu kita ON Air...
    kita bisa bagi ilmu ke org...
    kita bisa menghibur orang lain dgn suara kita, dgn guyonan kita, dgn kata2 kita,
    kita juga bisa, jd tmn share org,
    dan yg paling menyenangkan...
    ketika pendengar muji kita..
    wah tambah semangat bgt deh :D

    pandai berbicara.....
    yeah, pasti :D
    kalau bisu susah dong...
    dan semua itu juga pakai proses nya,

    Radio asyik,
    iya emang :D
    hehhehee,
    cobain aja jadi penyiar radio,...

    ReplyDelete